Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi

Di jaman sekarang ini teknologi komunikasi khususnya HP dan smartphone sungguh sangat pesat. Banyak perusahaan telekomunikasi seperti Blackberry, Apple, Samsung, HTC dan lain-lain saling bersaing untuk mendapatkan tempat di masyarakat. Masyarakat pun hampir dibuat bingung harus menggunakan device yang mana karna hampir setiap smartphone ini punya keunggulan masing-masing. Sebagai contoh Blackberry mempunyai keunggulan dengan fitur BBM nya yang sampai saat ini laris digunakan terutama Indonesia, Samsung yang kebanyakan smartphone yang dikeluarkan menggunakan fitur OS Google Android, dan Apple yang memilik iPhone dengan fitur luar biasa canggih dan berkelas. Sebenarnya masih banyak vendor-vendor smartphone lain yang tidak kalah akan tetapi jika di bahas seluruhnya di sini sepertinya sekian halaman blog gak akan cukup. hehehe

Salah satu yang dicari oleh masyarakat dunia saat ini memang sebuah smartphone yang dapat memuaskan kebutuhan mereka. Tuntutan pekerjaan, mobilitas yang tinggi membuat mereka membutuhkan smartphone canggih yang dapat membuat mereka tetap terhubung baik untuk urusan bisnis maupun dengan lingkungan keluarga, teman, dan lain-lain. Di luar kebutuhan berbisnis dan berhubungan dengan orang lain, setiap individu pada dasarnya membutuhkan hiburan yang saat ini pun sudah di sediakan oleh smartphone.

Hal ini lah yang memicu persaingan tidak lagi ada diantara para perusahaan telekomunikasi, tetapi juga masuk ke dalam perusahaan pembuat Operating System atau lebih dikenal dengan OS. Tanpa adanya OS, sebuah smartphone bukan lah smartphone. OS itu pula yang biasanya menjadi ciri dari perusahaan. Seperti yang saya tulis diatas bahwa Samsung banyak menggunakan OS Google Android yang di kembangkan oleh Google, akan tetapi saat ini samsung mulai mencoba beralih ke OS Windows Phone mengikuti jejak pesaingnya yang lebih dulu mempopulerkan Smartphone berbasis windows phone yaitu Nokia. Blackberry sejak dahulu mempunyai khas menggunakan OS blackberry itu sendiri. Bahkan yang terbaru saat ini blackberry telah merelease OS terbaru yang disebut OS Blackberry 10 yang menurut mereka akan mampu lebih bersaing dengan Android, Windows Phone maupun iOS. Apple sejak dulu tetap setia dan mengembangkan OS mereka sendiri untuk semua device yang mereka release yaitu iOS baik itu untuk smartphone maupun laptop(macbook).

Kita dapat melihat dari uraian singkat di atas saja perkembangan teknologi saat ini sudah cukup rumit dan banyak. Uraian diatas menurut saya masih sangat minim untuk menjelaskan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini. DIatas belum ada uraian soal smart watch yaitu jam yang dapat digunakan untuk berkomunikasi, smart cam yang juga dapat digunakan untuk berkomunikasi, dan lain-lain. Banyaknya variasi teknologi komunikasi saat ini bukan tidak meresahkan. Menurut saya justru cukup meresahkan. Kenapa? Hal ini dikarenakan akan adanya keinginan untuk memiliki segalanya yang ada dalam tiap diri manusia. Manusia tersebut akan berusaha semaximal mungkin untuk mendapatkan smartphone impiannya. Ini bisa jadi hal negatif sekaligus positif. Positif jika ia ingin mendapatkan smartphone tersebut dengan  cara bekerja lebih keras atau mencoba membuka usaha sampingan agar pendapatan yang ia dapat tidak hanya berasal pekerjaan tetap. Berdampak negatif jika hasrat untuk mempunyai segala sesuatunya itu ditempuh dengan cara yang kurang baik dan tidak halal. Saya secara pribadi berharap perang dan persaingan para perusahaan telekomunikasi ini segera mereda sehingga sebagai pengguna pun masyarakat tidak dibuat bingung harus menggunakan smartphone apa dan dengan fungsi yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s